Fokus Grup Diskusi Bersama PPATK

Dalam upaya memperkuat kerjasama lembaga pemerintah dalam mencegah dan memberatas kejahatan kehutanan (Forest Crime), maka salah satu kegiatan penunjang yang dilaksanakan oleh Indonesian Working Group on Forest Finance (IWGFF) adalah Fokus Grup Diskusi (FGD) bersama Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Acara FGD yang dipimpin langsung oleh Bpk. Ismail selaku Direktur Umum PPATK ini, merukapan salah satu kegiatan penunjang dalam pelaksanaan program Memperkuat Kerjasama Lembaga Pemerintah untuk Mencegah dan Memberantas Korupsi dan Pencucian Uang dalam Kejahatan Kehutanan atas kerja sama IWGFF, UNODC di Indonesia dan yang didukung oleh PPATK.

FGD yang dilaksanakan pada Selasa, 8 November 2011 di ruang Rapat Pimpinan Kantor PPATK ini, berlangsung kurang lebih dua jam. Dan dalam kurun waktu tersebut, beberapa hal – hal yang didiskusikan dan dibahas meliputi; Tema – Tema Mata Ajaran terkait Pencucian Uang yang akan dimasukan dalam Modul Pelatihan Penyidikan Tindak Pidana kehutanan (TIPIHUT) melalui pendekatan Anti Korupsi dan Anti Pencucian Uang, Kurikulum dari Materi Pencucian Uang serta Pembentukan Tim Pendukung PPATK dalam Pelaksanaan Program kerja sama tersebut.

FGD ini dihadiri oleh pejabat terkait dalam lingkup PPATK antara lain Dit Hukum dan Regulasi (DHR) Dit Kerjasama Antar Lembaga (KAL) serta Dit Riset dan Analisis.

Proses diskusi yang berjalan dengan alot  dan serius dalam FGD ini akhirnya menghasilakan beberapa kesepakatan anatara :

  1. Tim PPATK akan merubah draft materi tentang TIK/TIU untuk keseluruhan tema mata ajaran
  2. Materi dari PPATK meliputi Rezim Anti Pencucian Uang (merupakan materi pengantar), Tipologi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), LKTM dn LKTK (laporan – Laporan), Kerja Sama antar Lembaga, dan Forensic Audit.
  3. Penyelenggaraan FGD selanjutnya akan dilaksnakan dalam bentuk konsinyering anatar lembaga dalam penyusunan modul pelatihan
  4. Undangan bagi peserta pelatihan Penyidikan Tindak Pidana Kehutanan yang di laksanakan di Jayapura – Papua dapat dikeluarkan oleh PPATK

Dengan harapan bahwa pelaksanaan program kerja sama ini akan sukses dilaksanakan maka Bpk. Ismail selaku Direktur Umum PPATK langsung menutup seluruh rangkaian proses diskusi dalam pelaksanaan FGD tersebut.

Fokus Grup Diskusi Bersama PPATK

Navigasi pos


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *